Langsung ke konten utama

Solusi Referensi Tugas Akhir

Ketika seorang mahasiswa (fisika) semester akhir mulai berurusan dengan tugas akhir, pencarian referensi adalah satu masalah yang penyelesaiannya susah-susah gampang. Maksudnya susah bagi mereka yang masih bingung dan gampang bagi mereka yang paham 'trick-nya'. Padahal sudah barang tentu referensi (paper, jurnal, lecture notes, buku) tentu sangatlah penting karena selain dapat menjadi sumber dan memperluas ide penelitian, landasan teori, juga dapat memberikan gambaran umum/spesifik hingga memberikan informasi terupdate dari topik yang akan diangkat nantinya.

Cara memperolehnya tentu bisa bermacam-macam, bisa dari saudara atau kawan, siapa tahu ada yang pernah mengerjakan topik serupa ataupun topik lain namun masih relevan dan menunjang tugas akhir kita. Selain itu, dapat pula dari perpustakaan (jurusan, fakultas, hingga universitas) yang tentunya memiliki koleksi skripsi, tesis, disertasi dalam jumlah yang lumayan. Namun semua itu tentunya belum cukup dan kurang memuaskan jika belum mengeluarkan jurus paling jitu: searching!


Akan tetapi dalam perkara yang satu ini terkadang kita banyak menemukan paper relevan, namun statusnya berbayar dan tentu saja, mahal! tidak terjangkau. Apalagi kalau Universitas kita memang ndak berlangganan jurnal secara reguler. Oleh karena itu, kita mesti mengetahui situs mana saja yang memungkinkan kita memperoleh referensi secara free. Berikut beberapa diantaranya:

Yang paling populer sepertinya Google Scholar. Tentu saja karena konten selain akademik tak akan ditemukan melalui kolom pencarian google yang satu ini. Jadi lumayan membantu.

Dari pengalaman, saya lebih banyak memperoleh referensi berupa paper fisika dari arXiv. Disana semuanya free alias gratis. Selain itu, topiknya juga lengkap dari fisika teoretis, komputasi, hingga eksperimen. Untuk teori misalnya, disana bahkan berhamburan kertas kerja dari fisikawan top dunia seperti Arkani-Hamed, Hawking, Witten, Randall, dll. Meskipun termasuk tempat hosting paper yang review-nya kurang ketat, disana juga terdapat banyak paper yang bermutu dan berkelas!

Selain itu masih sangat banyak situs pencarian research paper lainnya (meskipun ada beberapa paper diantaranya yang berbayar): ScienceDirect, CiteSeerX, Researchgate, dll.

Jangan lupa pula mengecek repository atau website berbagai universitas karena disana biasanya diupload prosiding seminar yang dapat didownload secara gratis, meskipun mesin telusur google biasanya sanggup menjangkau konten prosiding tersebut dengan kesesuaian kata kunci. Ya, kata kunci adalah hal yang paling krusial dalam searching referensi ini. Jika pas, tentunya kita dapat menemukan semua referensi yang kita maksud atau butuhkan/inginkan.

Adapun untuk paper-paper berbayar biasanya dapat kita perolehnya dengan langsung menghubungi penulisnya. Biasanya si penulis akan memberikan salinan papernya, tentunya setelah kita mengontact mereka dengan cara yang baik dan benar [akan dibahas lain kali]. Adapun cara lain adalah dengan meminta bantuan kolega yang sedang berkuliah di kampus yang memiliki akses ke jurnal atau paper berbayar (biasanya jika ada rekan yang berkuliah di luar negeri). Walau begitu sebenarnya ada cara 'khusus' untuk memperoleh paper berbayar namun yang terakhir ini tidak untuk dibahas disini. Cukup pergunakan yang legal dahulu, biar ilmu dan pekerjaannya berkah, terhitung ibadah. Akan tetapi jika keadaan memaksa, silakan kontak saya.

Selamat mengerjakan tugas akhir..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

On the Theorem of the Solution of the Second Order Differential Equations

Wiih judulnya serasa paper ilmiah saja. Jadi ceritanya disuatu siang yang mendung, pernah datang seseorang kepadaku (Lha ini kok mirip redaksi Hadist XD) mahasiswa fisika bernama Konohamaru bersama problemnya mengenai teorema untuk memperoleh solusi dari persamaan differensial biasa orde-2. Jadi tak sekeren judulnya, tulisan ini sebenarnya hanyalah analisis dangkal saja bagi mereka yang sudah mengetahuinya. Pada waktu itu sebenarnya dia sudah memperoleh solusi yang tepat untuk permasalahannya, namun memperolehnya via teorema. Tentu anda tahulah bagaimana karakter seorang dosen fisika (yang rese' lagi suka menguji) ditambah lagi jika sedang berada di ruang sidang selaku penguji. Lengkaplah sudah! Nah, biar lebih jelas sebenarnya si Konohamaru sedang di sidang, namun di luar dugaannya, bukan pertanyaan benar-salah yang ditembakkan padanya melainkan justru darimana teorema yang digunakannya berasal. Alhasil bingunglah dia memikirkannya, sakitlah kepalanya. Persiapan dua bulan seakan

Ada ZP Theart di Valley of Tears!

Valley of Tears merupakan nama salah satu lokasi di dataran tinggi Golan yang mana pernah menjadi medan tempur antara Israel dan Suriah, satu sektor dalam perang Yom Kippur pada 6 - 9 Oktober 1973. Di lokasi tersebut terjadi salah satu perang tank yang paling dahsyat dalam sejarah, dengan kemenangan berada dipihak Israel setelah sanggup bertahan walau dalam jumlah yang relatif jauh lebih kecil dibanding pasukan Suriah. Kembali pada judul postingan, lantas apa hubungannya dengan ZP Theart (yang seorang vokalis power metal)? Kenampakan Valley of Tears ditahun 2010